Hepatitis C

Virus hepatitis C (HCV) menyebabkan infeksi akut dan kronis. Infeksi HCV akut biasanya asimtomatik, dan hanya sangat jarang (jika pernah) terkait dengan penyakit yang mengancam jiwa. Sekitar 15-45% orang yang terinfeksi secara spontan membersihkan virus dalam waktu 6 bulan setelah infeksi tanpa perawatan apapun.

Sisanya 55-85% orang akan mengalami infeksi HCV kronis. Dari mereka yang memiliki infeksi HCV kronis, risiko sirosis hati adalah antara 15-30% dalam waktu 20 tahun.

Distribusi geografis

Hepatitis C ditemukan di seluruh dunia. Daerah yang paling terkena dampak adalah Kawasan Mediterania Timur dan Eropa Timur, dengan prevalensi masing-masing 2,3% dan 1,5%. Prevalensi infeksi HCV di daerah WHO lainnya bervariasi dari 0,5% sampai 1,0%. Bergantung pada negara, infeksi virus hepatitis C dapat terkonsentrasi pada populasi tertentu (misalnya di antara orang-orang yang menyuntikkan narkoba) dan / atau pada populasi umum. Ada beberapa strain (atau genotipe) virus HCV dan distribusinya bervariasi menurut wilayah.

Transmisi

Virus hepatitis C adalah virus yang menular melalui darah. Hal ini paling sering ditularkan melalui:

• Penggunaan narkoba suntikan melalui alat suntik yang sama pada beberapa orang
  • Penggunaan kembali atau sterilisasi peralatan medis yang tidak memadai, terutama spuit dan jarum suntik di tempat perawatan kesehatan; dan
  • Transfusi darah dan produk darah yang tidak di skrining

HCV juga dapat ditularkan secara seksual dan dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya; Namun mode transmisi ini jarang terjadi.

Hepatitis C tidak menyebar melalui ASI, makanan, air atau dengan kontak biasa seperti memeluk, mencium dan berbagi makanan atau minuman dengan orang yang terinfeksi.

Perkiraan yang diperoleh dari pemodelan menunjukkan bahwa di seluruh dunia, pada tahun 2015, terdapat 1,75 juta infeksi HCV baru (secara global, 23,7 infeksi HCV baru per 100.000 orang).

Gejala

Masa inkubasi untuk hepatitis C adalah 2 minggu sampai 6 bulan. Setelah infeksi awal, sekitar 80% orang tidak menunjukkan gejala apapun. Pada beberapa orang dapat menunjukkan demam, kelelahan, nafsu makan menurun, mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, kotoran berwarna abu-abu, nyeri sendi dan sakit kuning (menguningnya kulit dan bagian putih mata).

Skrining dan diagnosis

Karena infeksi HCV akut biasanya tidak menunjukkan gejala, beberapa orang didiagnosis selama fase akut. Pada orang-orang yang terus mengembangkan infeksi HCV kronis, infeksi ini juga sering tidak terdiagnosis karena infeksi tetap tidak menimbulkan gejala sampai beberapa dekade setelah infeksi saat gejala berkembang akibat kerusakan hati yang serius.

Infeksi HCV didiagnosis dalam 2 tahap:

1. Skrining untuk antibodi anti-HCV dengan tes serologis mengidentifikasi orang-orang yang telah terinfeksi virus tersebut.
  2. Jika tes positif untuk antibodi anti-HCV, tes asam nukleat untuk HCV ribonucleic acid (RNA) diperlukan untuk mengkonfirmasi infeksi kronis karena sekitar 15-45% orang yang terinfeksi HCV secara spontan membersihkan infeksi dengan respon kekebalan yang kuat tanpa memerlukan perawatan. Meski tidak lagi terinfeksi, mereka masih akan memiliki hasil tes positif untuk antibodi anti-HCV.

Setelah seseorang didiagnosis dengan infeksi hepatitis C kronis, mereka harus memiliki penilaian tingkat kerusakan hati (fibrosis dan sirosis). Hal ini bisa dilakukan dengan biopsi hati atau melalui berbagai tes non-invasif.

Selain itu, orang-orang ini harus memiliki tes laboratorium untuk mengidentifikasi genotipe strain hepatitis C. Ada 6 genotipe HCV dan mereka memiliki respon yang berbeda terhadap pengobatan. Ada kemungkinan seseorang terinfeksi lebih dari 1 genotip. Tingkat kerusakan hati dan genotipe virus digunakan untuk memberi petunjuk dalam pengobatan dan penanganan penyakit.

Siapa yang perlu di tes?

Diagnosis dini dapat mencegah masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat infeksi dan mencegah penularan virus. WHO merekomendasikan skrining untuk orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi.

Populasi yang memiliki risiko peningkatan infeksi HCV meliputi:

• Orang yang menyuntikkan narkoba;
  • Orang yang menggunakan obat intranasal;
  • Penerima produk darah yang terinfeksi atau prosedur invasif di fasilitas perawatan kesehatan dengan praktik pengendalian infeksi yang tidak memadai;
  • Anak yang lahir dari ibu yang terinfeksi HCV;
  • Orang dengan pasangan seksual yang terinfeksi HCV;
  • Orang dengan infeksi HIV;
  • Tahanan atau orang yang dipenjara sebelumnya; dan
  • Orang yang pernah memiliki tato atau tindikan.

Sekitar 2,3 juta orang dari perkiraan 36,7 juta yang hidup dengan HIV di seluruh dunia memiliki bukti serologis dari infeksi HCV masa lalu atau sekarang. Sebaliknya, di antara semua orang yang terinfeksi HIV, prevalensi anti-HCV adalah 6,2%. Penyakit hati merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di antara orang yang hidup dengan HIV.

Pengobatan

Hepatitis C tidak selalu memerlukan pengobatan karena respons kekebalan pada beberapa orang akan membersihkan infeksi, dan beberapa orang dengan infeksi kronis tidak mengalami kerusakan hati. Bila pengobatan diperlukan, tujuan pengobatan hepatitis C adalah kesembuhan. Tingkat kesembuhan tergantung pada beberapa faktor yang ada,  termasuk strain virus dan jenis pengobatan yang diberikan.

Standar perawatan untuk hepatitis C berubah dengan cepat. Sofosbuvir, merupakan terapi pilihan dalam pedoman WHO, dan dapat mencapai tingkat penyembuhan di atas 95%. Obat-obatan ini jauh lebih efektif, lebih aman dan lebih baik ditoleransi daripada terapi yang terdahulu. Terapi dengan DAA dapat menyembuhkan kebanyakan orang dengan infeksi HCV dan pengobatan lebih pendek (biasanya 12 minggu). Sementara itu, masih ada peran terbatas untuk pegylated interferon dan ribavirin dalam skenario tertentu dimana data saat ini terbatas dalam mendukung terapi hanya DAA. Meskipun biaya produksi DAA rendah, obat-obatan ini tetap sangat mahal di banyak negara berpenghasilan tinggi dan menengah. Harga telah turun drastis di beberapa negara (terutama berpenghasilan rendah) karena diperkenalkannya versi generik obat-obatan ini. Pengobatan HCV membaik, namun tetap terbatas. Pada tahun 2015, dari 71 juta orang yang hidup dengan infeksi HCV secara global, 20% (14 juta) mengetahui diagnosis mereka. 7,4% dari mereka yang didiagnosis (1,1 juta) memulai pengobatan pada tahun 2015. Banyak yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa kemajuan ini mengarah pada akses yang lebih besar terhadap pengobatan secara global.

Pencegahan

Pencegahan primer

Tidak ada vaksin untuk hepatitis C, oleh karena itu pencegahan infeksi HCV dengan mengurangi risiko terpapar virus di tempat perawatan kesehatan dan populasi berisiko tinggi, misalnya orang-orang yang menyuntikkan narkoba, dan melalui kontak seksual.

Daftar berikut ini memberikan contoh pencegahan primer yang direkomendasikan oleh WHO:

• kebersihan tangan: termasuk persiapan tangan dokter saat operasi, mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan;
  • penggunaan suntikan perawatan kesehatan yang aman dan tepat;
  • penanganan pembuangan benda tajam dan limbah medis yang aman;
  • Skrining pada sample donor darah untuk hepatitis B dan C (juga HIV dan sifilis);
  • pelatihan petugas kesehatan;
  • promosi penggunaan kondom yang benar dan konsisten

Pencegahan sekunder dan tersier

Untuk orang yang terinfeksi virus hepatitis C, WHO merekomendasikan:

• pendidikan dan konseling mengenai pilihan perawatan dan pengobatan;
  • imunisasi dengan vaksin hepatitis A dan B untuk mencegah koinfeksi dari virus hepatitis ini dan untuk melindungi hati mereka,
  • manajemen medis dini dan tepat termasuk terapi antiviral jyang sesuai;
  • pemantauan berkala untuk diagnosis dini penyakit hati kronis.

Skrining, perawatan dan terapi pada orang yang terinfeksi hepatitis C

Pada bulan April 2016, WHO memperbarui “Pedoman untuk skrining, perawatan dan pengobatan orang-orang dengan hepatitis C kronis”. Panduan ini melengkapi panduan WHO yang ada mengenai pencegahan penularan virus melalui darah, termasuk HCV.

Mereka ditujukan untuk para pembuat kebijakan, pejabat pemerintah, dan pihak-pihak lain yang bekerja di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah yang sedang mengembangkan program untuk pemutaran, perawatan dan Pengobatan orang dengan infeksi HCV. Panduan ini akan membantu memperluas layanan pengobatan kepada pasien dengan infeksi HCV,

Pada tahun 2015, dari 71 juta orang yang hidup dengan infeksi HCV secara global, 20% (14 juta) mengetahui diagnosis mereka. Di seluruh dunia, 7% dari mereka yang didiagnosis (1,1 juta) memulai pengobatan pada tahun 2015. Dari mereka yang memulai pengobatan pada tahun 2015, sekitar setengah menerima DAA. Secara global, selama bertahun-tahun, jumlah kumulatif pasien yang memakai pengobatan mencapai 5,4 juta orang pada tahun 2015. Sebagian besar pasien yang diobati sebelum 2015 menerima terapi berdasarkan pedoman lama, terutama terapi berbasis interferon.

Be Sociable, Share!